Tipe dan Fungsi Hand Tools

Layak dengan namanya hand tools atau alat-alat tangan ialah kelengkapan di bengkel/workshop yang dapat diterapkan memakai tangan atau tanpa daya lain seperti listrik atau bahan bakar.Di sebuah bengkel hand tools benar-benar banyak macamnya. Berikut sebagian macam hand tools yang ada di workshop/bengkel.

1.Kunci Ideal (Open-End Spanner)
Kunci tepat berfungsi untuk membuka/memasang baut/mur yang tak terlalu kuat peristiwa pengencangannya dan juga untuk melepas baut yang telah dikendorkan dengan kunci ring. Kunci tepat biasanya diwujudkan menjadi dua buah kunci diujungnya dengan ukuran yg berbeda seperti 6mm dan 7mm atau 8mm dan 9mm.

Baca : Harga kunci sok

2.Kunci Ring (Double Ended Box Spanner)
Seperti halnya kunci tepat,kunci ring juga memiliki 2 buah kunci disetiap ujungnya dengan ukuran yang berbeda dengan tujuan untuk mengurangi jumlah kunci yang disediakan. Kunci ring diterapkan untuk membuka/memasang mur atau baut yang memiliki peristiwa pengencangan yang relatif lebih besar besar.

3. Kunci Kombinasi (Combination Spanner)
Kunci ini ialah gabungan dari kunci tepat dan kunci ring dimana di satu ujung diwujudkan kunci ring dan diujung lain kunci tepat. Umumnya ukuran kedua kunci hal yang demikian sama. Fungsinya sama dengan kunci tepat dan kunci ring.

4.Kunci Allen (Allen Wrench)
Kunci allen fungsinya ialah untuk membuka/memasang baut yang kepala bautnya berbentuk lubang segi-enam.

5.Kunci Inggris
Kunci inggris diterapkan untuk melepas/memasang baut seperti fungsi kunci lainnya cuma sanja kunci inggris bisa dikontrol ukurannya dalam pemakaiannya.

6.Kunci Busi
Kunci Busi diterapkan untuk melepas/memasang busi yang biasanya dipasang pada posisi yang susah apabila memakai kunci awam.

Baca juga : Kunci ring pas

7.Obeng
Obeng terdiri dari 2 macam ialah obeng min dan obeng plus. Obeng diterapkan untuk memasang/melepas baut atay sekrup yang ukurannya kecil.

8.Tang (Plier)
Tang memiliki sebagian macam layak dengan fungsinya. Berikut sebagian macam tang:
a. Tang Kombinasi
Tang ini diterapkan untuk menjepit benda-benda kecil,dapat juga diterapkan untuk memotong kawat yang berdiameter kercil.
b. Tang Long nose
Dipakai untuk menjepit bagian yang lebih kecil dan posisinya susah dijangkau oleh tang kombinasi.
c. Tang Potong
Tang ini khusus diterapkan Untuk memotong kawat dan kabel berukuran kecil.
d. Internal Snap Ring Plier
Dingunakan untuk melepas/memasang internal snap ring,seumpama pada cross joint.
e. External Snap Ring Plier
Dipakai untuk melepas/memasang external snap ring,seumpama output shaft transmisi.

9.Palu
a. Palu Baja
Baja Keras ialah bahan standar untuk palu dan paling banyak diterapkan untuk oekerjaan otomotif.
b. Palu Tembaga
Palu ini diterapkan untuk memukul benda kerja khusus yang bahannya baja atau bahan lainnya yang lebih keras dari tembaga dimana tak dijinkan terjadi kerusakan atau perubahan format pada benda kerjanya.
c. Palu Plastik
Palu ini diterapkan untuk memukul benda kerja atau bagian yang terbuat dari bahan lunak seperti aluminium dan tembaga untuk mencegah terjadi kerusakan pada benda kerjanya.
d. Palu Karet
Palu karet diterapkan untuk profesi pelat dan body misal mengkoreksi lekukan pada panel.

10.Ragum
Ragum diterapkan untuk menjepit benda kerja yang akan dibetulkan, dimana pada profesi ini diinginkan benda kerja konsisten membisu pada posisinya ketika dikerjakan pembetulan.itulah sebagian alat-alat tangan umumnya ada di bengkel. Sekian dan terimakasih.

 

 

Terkait : Harga tang

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *