Mengetahui Beragam Tipe Handstools Dan Fungsinya

Dalam dunia otomotif maupun bengkel tenar dua tipe alat yakni alat tangan atau handtools dan alat mesin energi atau powertools. Handtools yakni alat tolong kerja yang pengaplikasiannya menerapkan energi tangan atau otot manusia. Beragam profesi dalam bidang otomotif tidak lepas dari pemakaian hand tools. Melepas baut mur, dan profesi lain betul-betul memerlukan bantuan alat tangan atau hand tools.

Tetapi terdapat banyak sekali alat tangan yang ada dalam dunia permesinan termasuk otomotif. Beragam handtools hal yang demikian mempunyai fungsi dan pemakaian yang berbeda-beda. Oleh sebab itu teknisi semestinya dapat mempertimbangkan alat tangan atau handtools yang diterapkan pantas dengan profesi yang sedang dilaksanakan. Tipe-variasi handtools dan fungsinya semestinya diterapkan pantas dengan prosedur yang benar.

Tipe-Tipe Handtools Dan Fungsinya

Handtools yaitu alat tolong kerja yang masih menggunaan energi tangan. Tetapi handtools ini betul-betul menolong untuk beragam profesi dalam bidang otomotif. Oleh sebab itu terdapat beragam variasi handtools dan fungsinya. Berikut variasi-variasi handtools dan fungsinya:

1. Kunci Pass (Open Wrench) yaitu alat tangan yang berfungsi untuk melepas baut atau mur. Pada biasanya kunci pass mempunyai ukuran mulai dari 6 mm hingga 36 mm. Metode pengaplikasiannya cukup gampang yakni memasang komponen ujung kunci pass yang berbentuk hexagonal ke baut atau mur kemudian putar kekiri untuk mengendorkan dan kekanan untuk mengencangkan. Tetapi dalam pemakaian di bengkel, alat ini jarang diterapkan sebab bisa memunculkan kerusakan pada baut jikalau tak tepat posisinya.

Baca : Alat pertukangan

2. Kunci Ring (Box Wrench) hampir sama seperti kunci pass yang berfungsi untuk melepas dan mengencangkan baut dan mur tapi mempunyai peristiwa pengencangan yang besar dengan posisi yang terbatas. Metode pemakaian kunci ring sama seperti kunci pass. Kunci ring memiliki ujung berbentuk cicin hexagonal. Oleh sebab itu mempunyai energi cengkeram baut yang lebih bagus dari kunci pass sebab meraba segala bidang baut atau mur.

3. Kunci Kombinasi (Standar Wrench) yaitu gabungan dari kunci pass dan kunci ring. Kunci kombinasi saling mengisi kekurangan dari kedua tipe kunci. Kunci kombinasi tersedia mulai dari ukuran 3 mm-32 mm. Meski menggabungkan kedua tipe kunci tapi kunci kombinasi tak bisa menjangkau segala kelebihan pada kunci pass dan kunci ring yakni tak bisa menjangkau posisi fasterner yang terbatas, mempunyai gagang yang kurang kuat sehingga tak memungkinkan untuk mengencangkan pada peristiwa besar.

4. Kunci L (Allen Wrench) diterapkan untuk mengendorkan dan mengencangkan baut yang mempunyai format muka menjorok kedalam. Dalam pemakaian dalam dunia otomotif umumnya terdapat dua tipe kunci L yakni L bintang dan L hexagonal. Kunci L tersedia mulai dari ukuran 2mm – 22 mm.

5. Kunci Inggris (Adjustabe Wrench) yaitu handtools yang mempunyai fungsi untuk mengencangkan dan mengendorkan fasterner yang tak dapat dilaksanakan oleh kunci pass dan kunci ring. Kunci inggris bisa distel pantas dengan limitnya yakni 13mm-35mm dan 26mm-83mm. Metode penggunaanya yakni dengan memutar rahang gesernya dan menempatkan mulut kunci ke fasterner.

6. Obeng (Screw Driver) yaitu handtools yang mempunyai fungsi untuk mengencangkan dan mengendorkan bagian pada kendaraan seumpama sekrup dan lain sebagainya. Obeng terbuat dai batang baja yang kuat kemudian dikasih gagang dari kayu atau plastik. Obeng terdiri dari dua tipe diamati dari format penampangnya yakni obeng minus yang diterapkan untuk serkrup penampang min dan obeng plus untuk skrup berpenampang plus. Sementara diamati dari tipe terdapat tiga tipe obeng yakni obeng umum, obeng offfset diterapkan untuk melepas sekrup yang tak bisa dijangkau oleh obeng umum, dan obeng ketok yang diterapkan untuk melepas sekrup dengan peristiwa pengencangan yang tinggi.

Baca juga : Harga kunci inggris

7. Palu (Hammer) yang diterapkan untuk memasang dan melepas bagian mesin seperti bearing dan sambungan pada propeler shaft. Palu pada biasanya dibagi menjadi dua yakni palu besi dan palu karet.

8. Kunci Soket (Socket Wrench) yaitu handtools yang berbentuk tabung atau silindris yang memiliki dudukan berbentuk segi empat dan ujung lain berbentuk hexagonal yang berfungsi untuk mengendorkan dan mengencangkan baut atau mur dengan peristiwa kekencangan tertentu. Kunci shock bisa menjangkau beragam daerah yang tak bisa dijangkau oleh kunci umum dikarenakan gagang bisa diganti pantas dengan keperluan seperti gagang L, rachet, speed, dan sliding handle.

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *