Kaca yaitu salah satu material rumah yang pasti senantiasa ada, utamanya sebagai jendela. Tetapi sekarang, penerapan kaca kian meluas. Kaca juga lazim diaplikasikan sebagai material untuk pintu, furnitur, railing tangga, shower box, kanopi, table top, dan malahan panel dinding. Tetapi, bagaimana memilih variasi kaca yang ideal? Simak penjelasan tiap variasi kaca berikut ini.

1. Kaca jernih
Kaca jernih tak jarang disebut juga dengan kaca polos, sebab tak berwarna, rata, dan bebas distorsi. Maka, kaca ini dapat menciptakan bayang-bayang total hingga lebih dari 90%. Kaca variasi ini tak direkomendasikan untuk eksterior bangunan bertingkat sebab rendahnya kecakapan membendung panas dan cahaya sang surya. Ketebalan kaca jernih terdiri atas 5 mm, 6 mm, dan 8 mm. Ketebalan ini dipilih cocok dengan ukuran yang akan dihasilkan. Kian besar ukurannya, karenanya sebaiknya mengaplikasikan kaca yang tebal.

2. Kaca berwarna (tinted glass)
Kaca ini tak jarang disebut dengan kaca rayban. Untuk memberikan warna, kaca polos dilapisi dengan lembaran warna yang terbuat dari campuran logam. Kaca rayban sanggup membendung panas dan cahaya sang surya hingga 55%, sehingga mengurangi bobot pendingin ruangan dan menjaga privasi penghuninya. Untuk menambah tingkat kegelapannya, kaca rayban dapat dilapisi hingga sebagian kali. Kaca rayban tak cuma berwarna hitam, melainkan juga warna biru gelap, biru kehijauan, abu-abu gelap, tembaga, dan hijau gelap.

3. Kaca es
Kaca es yaitu variasi kaca yang salah satu sisinya bertekstur. Tekstur ini dibuat ketika adonan kaca mulai dicetak dengan roll yang mempunyai pola tertentu. Kaca variasi ini mempunyai efek dekoratif dan mengaburkan bayang-bayang. Kecuali itu, berkat teksturnya kaca es juga sanggup mengurangi cahaya sang surya yang diterima sehingga ruangan tak silau.

cek juga ya: kaca film gedung

Ini, masyarakat lebih menyukai memasang stiker kaca es, ketimbang membeli kaca es yang orisinil. Stiker kaca es atau kaca film memang lebih murah, tetapi mempunyai manfaat yang sama pantasnya. Kaca es lebih banyak diaplikasikan untuk interior, contohnya sebagai partisi, pintu kamar mandi, pintu kabinet, dan shower box.

4. Kaca cermin/one way
Kaca cermin atau kaca reflektif yaitu kaca yang mengurangi sifat tembus pandang dari salah satu sisi. Kaca variasi ini juga lazim disebut dengan kaca one way, sebab akan nampak trasnparan di satu sisi, melainkan nampak seperti cermin di sisi lainnya. Kaca cermin dihasilkan dengan tambahan lapisan oksida logam, via cara kerja pyrolisis. Kaca ini benar-benar cocok untuk Anda yang mengharapkan privasi terjaga.

5. Kaca tempered
Kaca tempered mempunyai daya yang benar-benar tinggi, menempuh 3—5 kali liat dari kaca lazim. Kaca tempered sanggup membendung bobot angin, berat, dan tekanan yang lebih tinggi. Kaca ini dihasilkan dengan memanaskannya lalu didinginkan secara mendadak. Secara visual, tak ada yang berbeda dari kaca ini, sehingga tampilannya konsisten terjaga. Kaca tempered juga benar-benar aman ketika pecah, sebab pecahannya bulat dan tumpul.
Bila Anda mengharapkan pintu tanpa bingkai, railing, dan dinding dari kaca, sebaiknya mengaplikasikan kaca tempered ini. Namun, Anda semestinya membeli kaca tempered dengan ukuran jadi. Sebab kaca variasi ini tak dapat dikasih cara kerja lebih lanjut yang akan mengurangi kualitasnya.

6. Kaca laminasi
Kaca laminasi yaitu variasi kaca yang benar-benar aman, sebab dikasih pelapis yang membuatnya susah retak dan pecah. Kaca laminasi benar-benar susah ditembus, maka kaca ini dahulu banyak diaplikasikan untuk alat transportasi lazim, contohnya bus dan kereta api. Kaca laminasi dilapisi lembaran polofinil transparan yang membendung kaca supaya tak pecah. Malahan meski telah ada komponen yang pecah, kaca ini konsisten merekat pada rangka dan susah ditembus.
Kaca laminasi banyak diaplikasikan untuk balkon, skylight, buah hati tangga, dan daerah lainnya yang memerlukan keamanan. Sedangkan terkesan aman, Anda konsisten perlu berhati-hati. Bila sewaktu-waktu terjadi kebakaran di dalam rumah, dapat jadi penghuni akan terjebak dampak kaca yang susah dituntaskan.

Material kaca memang kian digemari, seiring dengan meningkatnya selera masyarakat pada bangunan minimalis. Tentukan dahulu apa keperluan Anda, lalu pilih mana kaca yang ideal.

selengkapnya disini ya : kaca film 

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *