Manfaat Penangkal Petir
Penangkal petir sekarang telah menjadi salah satu komponen komplemen bangunan yang seharusnya dipasang. Tidak peduli seberapa tinggi bangunan, penangkal petir akan konsisten dibutuhkan untuk mencegah berbaagi hal yang tak diharapkan, seperti kebakaran atau kerusakan bangunan yang diakibatkan oleh sambaran petir. Maka, seandainya rumah atau bangunan daerah tinggal Anda belum dilengkapi dengan penangkal petir, lantas cari penangkal petir dan lantas pasang di bangunan Anda. Penangkal petir mempunyai banyak manfaat. Di dikala musim hujan atau cuaca yang tak menentu seperti kini ini, petir tak jarang kali menyambar dan sesekali dalam intensitas yang sungguh-sungguh besar sehingga mempunyai kemungkinan besar untuk merusak apa saja yang disambarnya. Kecuali itu, penangkal petir juga berkhasiat untuk melindungi bangunan-bangunan di sekitarnya yang rawan terkena sambarang petir.

Baca : Alat penangkal petir

Bahaya Sambaran Petir.
Petir yakni suatu gejala alam yang telah lazim terjadi. Petir yakni fenomena pelepasan tenaga sesaat yang sungguh-sungguh besar berupa aliran listrik dan mempunyai sifat merusak. Aliran listrik dari petir berbeda-beda. Ada yang mempunyai intensitas kecil, dan ada pula yang mempunyai intensitas berupa bobot listrik yang sungguh-sungguh besar. Petir mempunyai sifat menyambar obyek yang tinggi dan runcing. Apabila petir menyambar sebuah obyek, ini bisa mengakibatkan kerusakan yang fatal, seperti kebakaran, ledakan, atau malah kerusakan bangunan. Besarnya tenaga listrik yang dilepaskan akan memberi pengaruh tingkat kerusakan yang diakibatkan. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda melengkapi perlindungan bangunan daerah tinggal Anda dengan penangkal petir. Ini akan sungguh-sungguh berkhasiat untuk mengalihkan dan menyalurkan sengatan petir secara lantas ke permukaan bumi.

Teknologi Modern Penangkal Petir.
Penangkal petir telah menerapkan teknologi modern yang rupanya cakap menangkal sengatan petir dan mencegah keruskan hebat yang bisa disebabkan oleh sambaran petir. Teknologi ini berprofesi sebagai penyedia jalan bagi aliran listrik untuk lantas menuju ke permukaan bumi. Ada tiga komponen dari penangkal petir, ialah batang penangkal yang diletakkan di puncak banguan, kabel konduktor yang mengaitkan batang penangkal dengan permukaan bumi, serta daerah pembumian sebagai media untuk meredam sengatan petir yang tertanam di bawah tanah. ( Baca : Pasang penangkal petir )

Sistem Pasang Penangkal Petir
Secara garis besar, sistem pemasangan instalasi penangkal petir/anti petir Viking sebagai berikut :

grounding system1. Pada tahap permulaan progres di mulai dengan menjalankan komponen grounding system lebih-lebih dulu, dengan pertimbangan keamanan dan kemudahan. Kemudian dijalankan pengevaluasian resistansi/tahanan tanah menerapkan Earth Testermeter, jika hasil pengevaluasian hal yang demikian menunjukan < 5 Ohm karenanya jenjang kerja selanjutnya bisa dijalankan. Bila hasil resistansi/tahanan tanah menunjukan > 5 Ohm karenanya di lakukan pembuatan atau penambahan grounding lagi di sebelahnya dan di pararelkan dengan grounding pertama supaya resistansi/tahanan tanahnya menurun layak dengan standarnya < 5 Ohm.

memasang kabel penyalur (Down Conductor)2. Sesudah selesai membikin grounding, langkah selanjutnya yaitu memasang kabel penyalur (Down Conductor) dari spot grounding hingga keatas bangunan, tentunya dengan menetapkan trek kabel yang terdekat dan hindari banyak belokan/tekukkan 90 derajat sehingga keperluan material dan mutu instalasi bisa tepat sasaran dan efisien. Kabel penyalur petir yang umum di pakai antara lain BC (Bare Copper), NYY atau Coaxial. Untuk daerah – daerah tertentu sebaiknya di kasih pipa pelindung (Conduite) dengan maksud kerapihan dan keamanan.

pemasangan head terminal petir

3. Jika kabel penyalur petir sudah terpasang dengan rapih, karenanya tahap berikutnya pemasangan head terminal petir tentunya seharusnya terhubung dengan kabel penyalur hal yang demikian hingga ke grounding system.

 

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *