Siswa SD Kian Kreatif di Bidang Literasi
Para siswa dari 25 SD se-Kecamatan Tempuran Kabupaten Magelang Provinsi Jawa Tengah bersaing di bidang literasi. Seperti mendongeng, cipta pantun, cipta syair, menulis cerita pendek (cerpen), dan baca puisi. Aktivitas ini dikerjakan dalam rangka Festival dan Laga Literasi Nasional (FL2N). Persaingan kali ini mengangkat tema ‘Membumikan Gerakan Literasi Lewat Penumbuhan Budi Pekerti dan Cinta Tradisi Bangsa’. Tujuannya mengoptimalkan literasi, penguatan karakter, dan pelajaran bahasa dan sastra di sekolah.

Baca juga : international schools in jakarta

Aktivitas yang ditangani oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar, Direktorat Jenderal Pengajaran Dasar dan Menengah (Ditjen Dikdasmen) ini dikerjakan seleksinya secara bertahap. Mulai tingkat kecamatan sampai tingkat nasional.  FL2N Kecamatan Tempuran dikerjakan di SD Negeri Jogomulyo, dan dibuka sah oleh Plt Kepala UPT Dinas Pengajaran dan Kebudayaan Kecamatan Tempuran, Drs. Muh Masru’i, Senin (25/2/2019).

Dari segala perserta yang bertanding di masing-masing cabang menonjolkan peningkatan yang baik. Kesiapan dari peserta kelihatan dari hasil karya ataupun penampilan mereka. Contohnya dalam cabang mendongeng, peserta telah cakap mendongeng dengan komunikatif. “Pengaplikasian properti dalam mendongeng ada kemajuan. Properti yang diterapkan beberapa besar membikin sendiri, bukan membeli,” ujar koordinator laga, Marsodin, S.Pd terhadap siedoo.com. Dari lima cabang laga hal yang demikian memilih pemenang di masing-masing cabang untuk mewakili Kecamatan Tempuran ke kancah yang sama di tingkat Kabupaten Magelang. Cabang Mendongeng Jawara I diraih peserta dari SDN Sidoagung 3, Cipta Pantun SDN Sumberarum 1, Cipta Syair SDN Tugurejo, Menulis Cerpen SDIT Al-Madinah, dan Baca Puisi diraih oleh SDN Ringinanom 1. Para pemenang memiliki hak bertanding di tingkat Kabupaten Magelang, Maret 2019 akan datang.

 

 

 

Terkait : sekolah kristen

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *