Pegagan, Tanaman Herbal dengan Segudang Manfaat
Centella asiatica alias gotu kola atau yang lebih diketahui dengan nama daun pegagan ialah tanaman liar yang banyak tumbuh di negara Tiongkok, Indonesia, Jepang, dan India. Semenjak ribuan tahun lalu, pegagan disebut sebagai ramuan kekal yang dipakai untuk mengobati beragam tipe penyakit. Manfaat daun pegagan yang berlimpah menarik banyak spesialis untuk meneliti lebih lanjut perihal efektivitas tanaman herbal yang satu ini. Sebagian khasiatnya sudah rupanya secara ilmiah menolong mengobati penyakit tertentu. Cari tahu segudang manfaat pegagan untuk kesehatan dalam tulisan ini.

Baca juga : https://transferfactorformula.com/ketahui-tentang-daun-sukun/

Berjenis-jenis manfaat pegagan untuk kesehatan
1. Mempercepat penyembuhan luka
Penelitian terupdate yang dijalankan pada April 2018 melihat manfaat pegagan untuk mengurangi jaringan parut sesudah operasi. Kesudahannya, pasien yang minum ekstrak daun pegagan secara rutin sesudah operasi mengalami pengerjaan penyembuhan yang lebih pesat. Pun, kemunculan jaringan parut di zona bekas sayatan operasi juga cenderung lebih sedikit. Tidak cuma itu saja, Centella asiatica alias gotu kola juga bisa dipakai sebagai salep luka bakar. Selain ini menurut laporan yang diterbitkan dalam jurnal Medicine. Dalam laporan hal yang demikian dikenal bahwa seorang pasien yang mengalami luka bakar dan segera mengoleskan salep ekstrak daun Centella asiatica pada tempat yang terluka mengalami pengerjaan penyembuhan yang lebih pesat. Salep herbal ini juga menolong menurunkan risiko terjadinya infeksi pada kulit.

Manfaat pegagan yang satu ini hakekatnya telah diketahui semenjak berabad-abad lalu. Ya, secara tradisional pegagan sudah lama dipakai untuk mengobati luka ringan. Kandungan bahan kimia yang diketahui sebagai triterpenoid berperan untuk mempercepat penyembuhan luka, meningkatkan kadar antioksidan, dan suplai darah ke zona luka.

2. Melancarkan aliran darah
Gotu kola bisa menolong mengurangi pembengkakan dan melancarkan aliran darah pada orang-orang yang mempunyai varises dan insufisiensi vena, merupakan suatu situasi yang menyebabkan darah menggenang di kaki. Penelitian lain yang diterbitkan dalam jurnal Angiology juga menampakkan pegagan berguna dalam menolong pengobatan hipertensi vena. Sebuah jurnal tinjauan sistematis menemukan bahwa Centella asiatica menolong mengurangi gejala-gejala insufisiensi vena. Gejala seperti nyeri, sembab, dan keluhan kaki yang terasa berat dikenal bisa berkurang imbas penerapan tanaman herbal ini. Manfaat ekstrak daun pegagan ini diduga berasal dari kandungan triterpenes pada daun yang mempunyai sifat anti-peradangan. Kandungan kimia ini juga dikenal merangsang penyusunan kolagen serta glikosaminoglikan yang menstimulasi penyembuhan luka.

3. Menyamarkan stretch marks
Menurut sebuah studi yang dijalankan pada tahun 2013, dikenal bahwa tanaman herbal satu ini bisa menyamarkan kemunculan stretch marks di kulit. Selain ini disebabkan oleh senyawa terpenoid yang terkandung dalam Centella asiatica menolong meningkatkan produksi kolagen di dalam tubuh. Meski menolong menyamarkan stretch marks yang telah ada, senyawa hal yang demikian juga menolong mencegah kemunculan stretch marks yang baru.

4. Meningkatkan fungsi kognitif otak
Sebuah penelitian kecil yang dijalankan pada tahun 2016 memperbandingkan efek ekstrak daun pegagan dan asam folat untuk meningkatkan fungsi otak sesudah stroke. Dari penelitian hal yang demikian, dikenal bahwa pegagan dan asam folat sama-sama berguna dalam meningkatkan fungsi otak. Akan melainkan, para spesialis menemukan bahwa pegagan lebih tepat sasaran dalam meningkatkan energi ingat seseorang sesudah stroke dibanding asam folat. Studi terpisah yang dijalankan pada tikus juga menemukan hal serupa. Membantu bisa meningkatkan fungsi otak tikus umur muda dan tua, efek hal yang demikian lebih maksimal pada tikus yang lebih tua.

5. Malahan mengobati penyakit Alzheimer
Centella asiatica mempunyai kesanggupan untuk meningkatkan fungsi ingatan dan syaraf. Peningkatan kedua fungsi itu mempunyai potensi dalam menolong pengobatan penyakit Alzheimer. Pun, satu studi pada tikus menemukan bahwa ekstrak daun pegagan mempunyai efek positif untuk mengobati kelainan perilaku pada tikus yang yang terkena penyakit Alzheimer. Menurut penelitian hal yang demikian, dikenal bahwa ekstrak gotu kola sanggup melindungi sel-sel otak dari keracunan. Meski itu, tanaman ini juga bisa melindungi sel-sel di otak dari penyusunan plak yang memicu penyakit Alzheimer.

Membantu demikian itu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memutuskan manfaat pegagan dalam mengobati penyakit Alzheimer. konsultasikan ke dokter sebelum Anda minum obat herbal. Penting untuk diingat bahwa sedangkan natural, obat herbal tidaklah senantiasa aman.

 

 

 

Berita terkait : https://transferfactorformula.com/ketahui-tentang-buah-mahkota-dewa/

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *