las listrik

 

Pengelasan adalah cara yang efektif untuk menggabungkan logam tanpa perlu menggunakan alat kelengkapan. Pengelasan MIG, pengelasan TIG, dan pengelasan tongkat adalah tiga jenis pengelasan busur listrik. Pengelasan busur listrik ini mengacu pada pengelasan yang dicapai dengan mengalirkan listrik antara elektroda dan beban kerja. Kebanyakan metode pengelasan listrik seperti ini menggunakan gas pelindung untuk meningkatkan kelancaran pada titik las, mencegah kontaminasi pada titik pengelasan, meningkatkan kualitas pengelasan, dan menstabilkan las listrik antara elektroda dan beban kerja. Berikut adalah berbagai jenis mesin las listrik yang mungkin Anda butuhkan untuk pekerjaan mengelas Anda.

 

Las MIG

Las MIG adalah metode pengelasan yang sering digunakan saat mengerjakan baja. Proses dasarnya melibatkan peleburan logam pengisi ke beban kerja. Las MIG adalah proses yang relatif bersih; hanya sedikit percikan yang dihasilkan saat pengelasan sedang berlangsung. Tukang las dapat melakukan las lebih panjang tanpa interupsi menggunakan metode pengelasan ini karena hanya sedikit yang diperlukan dalam memulai dan mengehntikan proses. Gas shielding yang umum digunakan dalam pengelasan jenis ini adalah argon atau campuran argon yang mengandung oksigen atau karbon dioksida. Mungkin beberapa dari kelemahan yang terkait dengan pengelasan jenis ini adalah sulitnya membuat busur untuk memulai seluruh proses, dan lasan yang dihasilkan proses ini dapat sangat teroksidasi.

 

Las TIG

Las TIG adalah metode pengelasan yang sering digunakan saat bekerja dengan logam seperti magnesium, aluminium, titanium, nikel dan paduan tembaga. Las TIG juga dapat dibuat dengan atau tanpa fill-metal. Las TIG dapat dibuat lebih kecil dari las MIG karena panas bekerja lebih baik pada sistem pengelasan TIG. Satu kekurangan untuk jenis pengelasan ini jika dibandingkan dengan pengelasan MIG adalah pengelasan TIG membutuhkan waktu lebih lama daripada las MIG. Jenis pengelasan ini adalah salah satu metode yang paling bersih karena tidak ada percikan yang dihasilkan. Argon sendiri atau dalam kombinasi dengan helium atau hidrogen sering digunakan sebagai gas pelindung untuk jenis pengelasan ini.

 

Las Tongkat

Salah satu metode pertama pengelasan yang tersedia adalah las busur logam terlindung juga disebut sebagai pengelasan tongkat. Metode pengelasan ini ideal untuk digunakan pada jembatan, seni logam, perpipaan, traktor, dan aplikasi pengelasan luar ruangan lainnya karena elemen luar seperti hujan tidak akan mengganggu integritas pengelasan. Pengelasan tongkat yang tepat bisa sulit dan hanya direkomendasikan untuk tukang las yang berpengalaman.

 

Itulah berbagai jenis las listrik yang mungkin Anda butuhkan untuk pekerjaan mengelas Anda. Adapun agar pekerjaan mengelas Anda sempurna, selalu gunakan las listrik dari teknikmart.com. Teknikmart.com sendiri adalah sebuah situs berbelanja mesin dan peralatan teknik secara online. Sebagai perusahaan penjualan online, Teknikmart berusaha memberikan pengalaman terbaik serta solusi terlengkap bagi semua kebutuhan perkakas Anda, baik untuk kebutuhan penunjang industri, rumah tangga, maupun hobi Anda.

 

Baca Juga: mesin parut kelapa

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *