Distributor Acrylic – Bangunan bergaya arsitektur Jepang mempunyai ciri kesederhanaan dan alami yang kental. Desain yang mulanya sengaja dirancang untuk rumah bendung gempa dan cuaca ini dapat diubahsuaikan untuk gaya hunian Anda.

Arsitektur Jepang mengandung filosofi zen, ialah karakter yang berisi. Karenanya itu, tidak heran aspek efisiensi dan ruangan multifungsi menjadi faktor penting untuk menjadikan ruangan yang senggang dan simpel.

Interior bergaya Jepang memang cenderung minimalis. Melainkan, kadang orang tak terlalu mengerti minimalisnya yang bagaimana. “Karena, sebetulnya ada modern-minimalis dan tradisional-minimalis,” tutur desainer interior Rohadi.

Yang dimaksud modern-minimalis dapat dikenali dari wujud dan bahan material furnitur yang ada dalam ruangan hal yang demikian. Berdasarkan Rohadi, wujud perabot rumah Jepang itu sungguh-sungguh sederhana dan kotak-kotak sama seperti ciri furnitur minimalis. Lain halnya pada furnitur tradisional minimalis yang banyak terbuat dari bahan kayu, tetapi konsisten tak terlalu banyak mendetail.

Dalam rumah Jepang yang sungguh-sungguh kental akan aura kesederhanaan, soal perabot malah tidak banyak diletakkan dan sengaja didesain built-in. Pemilihan furnitur lebih terhadap fungsi, bukan sebagai pajangan.

Salah satu ciri hunian bergaya Jepang yakni lantai yang beralaskan tatami. Tatami yaitu sejenis karpet atau lebih ideal disebut tikar tebal yang terbuat dari jerami tenun. Umumnya diletakkan di ruang makan lesehan ala orang Jepang.

Di Jepang, rumah-rumah tinggal memang dirancang pantas kondisi iklim dan kultur di sana. “Di negara rawan gempa seperti Jepang, biasanya rumah dibangun nonpermanen, jadi bahan kayu dan kertas menjadi material utama rumah Jepang,” ungkap arsitek Ovi Mulyono dari PT Viosa Nahura Perkasa.

Baru gaya rumah Jepang ini bisa diubahsuaikan supaya sesuai dibangun di Indonesia. Melainkan, tidak dapat seketika mengikuti seperti rumah absah di negara sana. Ada sebagian hal yang perlu dilihat, antara lain problem iklim dan kultur. “Karena, orang Jepang itu membangun rumah ada regulasi tersendiri dan diberi pengaruh kondisi empat musim dan kultur masyarakatnya,” ujar Ovi,singkat.

 

Artikel Lain : Rumah Jepang Minimalis dan Berkarakter Membuat Indah Mata

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *