Jual Genset – Sumber listrik Perancis berasal dari pembangkit listrik combined-cycle paling efisien di dunia. Juni lalu,pembangkit listrik hal yang demikian mulai memproduksi listrik di dekat desa Bouchain, Perancis komponen utara. Pembangkit listrik hal yang demikian digerakkan oleh gas turbin canggih garapan General Electric (GE).

Dengan bantuan turbin hal yang demikian, pembangkit listrik paling efisien ini cakap merubah lebih dari 62 persen daya bahan bakar menjadi listrik. Untuk dikenal, turbin bernama 9HA.01 itu mempunyai berat yang sama dengan pesawat Boeing 747 yang terisi penuh. Daya cakap membangkitkan listrik yang cukup untuk menerangi 680.000 rumah di Perancis. EDF, perusahaan listrik utama di Perancis, berprofesi kian gampang dengan pembangkit listrik ini.

Pasalnya, pembangkit listrik di Bouchain ini cuma memerlukan waktu kurang dari separuh jam untuk menciptakan listrik. Dengan demikian, EDF cakap menyuplai listrik terhadap masyarakat dengan kencang. “Pembangkit listrik Bouchain mengaplikasikan gas alam untuk membangkitkan listrik di dalam turbin gas ultra-efisien dan menangkap panas yang diwujudkan, yang kemudian dipakai untuk merebus air dan menciptakan lebih banyak listrik ketimbang turbin uap,” tutur John Lammas, Chief Technology Officer untuk GE Power dan Vice President of Gas Power Technology.

Teknologi yang dipakai pembangkit listrik di Bouchain bahkan amat bersih. GE mengkalkulasikan, dikala turbin membakar 3,3 ton gas alam yang dicampur dengan udara, cuma 6,3 ons cairan polusi yang diwujudkan. Artinya jumlah cairan polusi yang diwujudkan tak lebih banyak dari setengah kaleng soda. Mesin pembangkit listrik di Bouchain beroperasi pada temperatur yang tinggi. Materialnya terdiri dari lapisan pembendung panas yang lebih bagus serta teknologi pendingin yang lebih canggih. Turbin hal yang demikian juga mempunyai aerodinamika yang luar umum sebab komponen bilahnya yang melengkung. Aerodinamika ini disebut sebagai aerofoils.

Lammas menyuarakan, Guinness World Record menobatkan pembangkit listrik combined-cycle ini paling efisien di dunia sebab tingkat efisiensi yang paling tinggi, merupakan 62,22 persen. “Belum ada yang dapat melampauinya. Pemegang rekor sebelumnya sukses menempuh 61,5 persen bukan dengan turbin gas milik GE,” ujar Lammas. Efisiensi, lanjut Lammas, seperti itu penting karena cakap menolong masyarakat menghemat banyak tarif. “Kami menghitung bahwa pembangkit listrik 1.000 megawatt yang mengaplikasikan sepasang turbin HA bisa menghemat pengeluaran untuk bahan bakar sebesar 50 juta dolar selama lebih dari 10 tahun.

Bac Juga: Genset Murah

Caranya, dengan meningkatkan efisiensi sampai 1 persen,” tutur ia. Berikutnya, GE berencana meningkatkan efisiensi pembangkit listrik sampai menempuh 65 persen dengan turbin 9HA.01. Lammas menyuarakan sudah menguji sejumlah teknologi yang bisa menolong GE menempuh tingkat efisiensi yang lebih tinggi. (adv)

Tulisan ini sudah tayang di Alat.com dengan judul “Perancis Hidup dengan Pembangkit Listrik Paling Efisien di Dunia”,

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *