SAAT ini masyarakat tengah menggandrungi aneka makanan sehat. Salah satu penemuan terkini yang sedang jadi popularitas merupakan pengaplikasian arang atau aktif karbon sebagai campuran makanan. Lalu apakah arang ini aman dikonsumsi?

Lihat saja frozen yoghurt, roti black dog, black noodle dan masih banyak makanan lainnya yang mengaplikasikan campuran arang ke dalamnya. Sedangkan terbilang aneh namun tentu saja arang yang dipakai bukan arang sembarangan.

Arang hal yang demikian lazimnya terbuat dari tempurung kelapa atau kayu bambu yang dibakar dan seharusnya food grade. Umumnya arang ini diciptakan bubuk dan tinggal dicampur ke adonan makanan.

Jangan heran jika memandang makanan Anda berwarna hitam legam. Sebab bubuk arang seperti ini memang lebih dominan dalam memberikan warna kepada makanan. Jangan heran pula sekiranya tekstur makanan cenderung ada tekstur pasir-pasirnya. Karakter arang ini memang tak larut dalam air dan menyisakan ampas.

Kendati demikian, arang food grade ini aman dikonsumsi, pun mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan. Salah satunya merupakan sanggup mengabsorpsi racun di dalam tubuh dan dapat jadi opsi detox.

“Arang atau karbon aktif ini aman dikonsumsi. Ia sanggup mengabsorpsi zat membahayakan di dalam tubuh dan dibuang via kotoran. Tentu saja, takaran arangnya juga seharusnya dipandang sekiranya dicampur ke makanan. Sebab semua sesuatu yang berlebihan juga tak bagus kan,” pungkas Dr Karin Wiradarma ketika dijumpai Okezone di Jakarta.

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *